LAPORAN
PELAKSANAAN LOKAKARYA 3
PPGP
Angkatan 4 Kab. Polewali Mandar
1. 1. Waktu dan
Tempat Pelaksanaan
a.
Hari,
tanggal : Sabtu, 12 Maret 2022
b.
Tempat : Hotel Ratih, Polewali
2. 2. Tema: “Visi
dan Aksi Sekolah Berpihak kepada Murid”
3. 3. Peserta
Peserta Lokakarya adalah PP dan CGP 5
orang, Kepala Sekolah 4 orang, Pengawas 1 orang:
a.
Darmia L.
(SMAN 2 Polewali)
b.
Ahmad (SMKN
1 Polewali)
c.
Hermi
Pramita (SMKN 1 Tinambung)
d.
Muhammad
Idris (SMAN 1 Polewali)
e.
Nurlina
Haris (SMAN 2 Polewali)
f.
Abdul
Rahman, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMAN 1 Polewali)
g.
Drs.
Mustari, M.Pd. (Kepala SMKN 1 Polewali)
h.
Ridwan,S.Pd.,
M.Si. (Kepala SMKN 1 Tinambung)
i.
Wahdina,
S.Pd., M.Pd. (Kepala SMAN Polewali)
j.
Drs. H.
Abdul Rahman Arsyad, M.Si. (Pengawas SMA Kab. Polman)
- Tujuan Pelaksanaan Lokakarya
a.
Peserta saling berbagi dan mampu
menganalisis hasil pembelajaran dan harapan warga sekolah terhadap pembelajaran
yang berdampak kepada murid.
b.
Peserta mampu merumuskan dokumen awal
visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid.
c.
Peserta mampu menyepakati rencana
aksi janji jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah.
- Indikator Keberhasilan kegiatan
a. CGP dan kepala sekolah menghasilkan
dokumen awal untuk pengembangan visi, misi, dan program sekolah yang berdampak
kepada murid
b. CGP dan kepala sekolah menyepakati
aksi bersama jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah
6. 6. Aktivitas
pembelajaran LK 3 dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 15.00, dengan kegiatan
sebagai berikut:
a.
Pembukaan
dilaksanakan secara Pleno untuk menyimak arahan dari pejabat dinas pendidikan.
b. Pengantar
Lokakarya, meliputi Pengantar dari Pengajar Praktik dan
Kesepakatan Belajar; dan berbagi mimpi menjadi pendidik.
c.
Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi,
meliputi: Paparan BAGJA dan berbagi hasil tugas Mandiri akhir LK 2. Aktivitas
pada bagian ini, PP membuka forum dengan sapaan yang hangat dan semangat kepada
calon guru penggerak dan mitra kerja (kepala sekolah dan pengawas). Setelah
itu, PP memutarkan satu video yang ditonton oleh seluruh peserta dan memberikan
ksempatan kepada satu atau dua orang menyampaikan pembelajaran apa yang dapat
diperoleh dari cerita video tersebut. Selanjutnya PP memberikan simpulan
tentang isi video tersebut. Aktivitas selanjutnya Menyusun kesepakatan kelas.
d.
Visi, Misi,
dan Program yang Berdampak pada Murid, meliputi: Pengantar Kerja keompok oleh
Pengajar Praktik; Kerja Kelompok; dan berbagi hasil kerja kelompok.
1)
Pendamping menjelaskan tujuan dari
kegiatan Visi, Misi, dan Program Sekolah yang Berdampak kepada Murid dan
mengajak peserta menyaksikan sebuah video.
2)
Simpulan isi
video adalah pertama, bagaimana visi, misi, dan program di
sekolah disusun dengan tujuan besar untuk meningkatkan kemampuan dan bakat
murid serta serta mengoptimalkan sumber daya yang ada pada guru dan lingkungan
sekolah. Dari sekolah ini, kita belajar
bahwa visi dan misi tidak hanya sekadar kata yang ada di profil sekolah, tetapi
dibangun bersama-sama dan diwujudkan dalam bentuk aksi nyata. Kedua, perubahan
itu tidak harus dimulai dari yang besar, tetapi harus dimulai dari hal kecil
dan dilakukan bersama-sama agar sekolah yang merupakan rumah untuk belajar
menjadi benar-benar berdampak kepada murid
3)
Pendamping kemudian meminta CGP dan
kepala sekolah duduk berdekatan atau berpasangan. Pengawas dapat memilih salah
satu sekolah atau bergantian mendampingi kerja kelompok sekolah dampingannya.
4)
CGP dan
kepala sekolah merumuskan visi. Misi, dan tujuan sekolah secara bersama,
khususnya pembelajaran yag berdampak bagi murid.
5)
Saling
berbagi visi, misi, dan tujuan sekolah yang telah dirumuskan.
e.
Aksi Jangka
Pendek CGP dan Kepala Sekolah, meliputi: Pengantar kerja kelompok CGP dan
Kepala Sekolah oleh Pengajar Praktik; dan Kerja kelompok. Program jangka pendek
ini merupakan aksi jangka pendek yang akan dilaksanakan 1 (satu) bulan ke depan
di sekolah baik oleh CGP ataupun kepala sekolah, yang harus dirumuskan dengan
memperhatikan prinsip SMART. Aksi yang
benar-benar bisa dilakukan untuk melakukan perubahan. Bisa dimulai dengan
menjalankan langkah awal program yang dirumuskan, atau perubahan-perubahan
kecil lainnya. Agar, cita-cita bersama untuk membawa perubahan untuk murid bisa
diwujudkan. Setelah selesai,
f.
Penutup dan
Tindak Lanjut, meliputi: CGP, Kepala Sekolah saling memberikan umpan balik, memetik
pembelajaran, melakukan evaluasi, serta foto bersama.
- Produk yang dihasilkan
Produk
yang dihasilkan dalam kegiatan Lokakarya 2 ini adalah:
a.
Dokumen awal dari visi, misi dan
program sekolah berdampak kepada murid
b.
Dokumen rencana aksi jangka pendek
oleh Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah
8.
Kesimpulan
dan Refleksi pembelajaran
a.
Kesimpulan:
Lokakarya 3
berjalan dengan baik dan lancar karena peserta terlibat secara aktif pada semua
sesi kegiatan. Selain itu, kerja sama yang baik dan semangat yang luar biasa
dari CGP menjadikan Lokakarya 3 sebagai kegiatan yang menyenangkan dan tidak
membosankan. Pengawas dan kepala sekolah terlibat aktif bersama CGP dalam
merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah, termasuk rencana jangka pendek
b.
Refleksi
Ha yang
sudah baik dalam kegiatan ini adalah semangat belajar dan berbagi dari semua
CGP sangat baik. Hal yang perlu diperbaiki pada kegiatan berikutnya adalah
penataan ruang diskusi agar antara satu kelompok dengan kelompok lainnya tidak
saling mengganggu.
Polewali,
12 Maret 2022
Pengajar Praktik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar