Perangkat KBM

Selasa, 15 Februari 2022

Lokakarya 1 PPGP Angk 4 Kab. Polman

 

LAPORAN LOKAKARYA 1

 A.   Waktu Pelaksnaan:

Sabtu, 20 November 2021 (Pukul 08.00 s.d. 15.00 WITA)

B.   Tempat Pelaksanaan

Hotel Ratih dan Covention Center, Polewali

C.   Tema Lokakarya 1

Guru Penggerak Masa Depan

D.   Tujuan Lokakarya

1.    Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri

2.    Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran

3.    Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

4.    Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri

E.    Indikator Keberhasilan

1.    Calon Guru Penggerak dapat melakukan identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

2.    Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

F.    Agenda Lokakarya

1.    Pembukaan

2.    Pengembangan Diri

3.    Kompetensi Guru Penggerak

4.    Posisi Diri

5.    Rencana Pengembangan Diri 

6.    Penutupan

G.   Jadwal Lokakarya

No

Waktu

Kegiatan

1

08.00-08.35

Ice Breaking dan Perkenalan Pengajar Praktik

2

08.35 – 08.50

Penyampaian Tujuan dan Pembuatan Kesepakatan Kelas

3

08.50 – 09.35

Pentingnya pengembangan diri

4

09.35 – 10.20

Diskusi kelompok

5

10.20 – 11.20

Presentasi kelompok

6

11.20 – 12.00

Kompetensi ceklist

7

12.00 – 13.00

Istirahat siang

8

13.00 – 13.10

Energizer

9

13.10 – 13.35

Evaluasi diri

10

13.35 – 14.00

Pembuatan Perencanaan pengembangan diri

11

14.00 – 14.35

Sharing hasil pembuatan rencana

12

14.35 – 14.45

Pengisian lembar evaluasi

13

14.45 – 14.55

Refleksi hasil belajar dan penugasan

14

14.55 – 15.00

Penutupan dan foto bersama

 

H.   Catatan Hasil Lokakarya 1:

1.    Peserta Lokakarya:

a.    CGP hadir 5 orang

1)    Darmia L (SMAN 2 Polewali)

2)    Muhammad Idris (SMAN 1 Polewali)

3)    Ahmad (SMKN 1 Polewali)

4)    Hermipramita (SMKN 1 Tinambung)

5)    Nurlina Haris (SMAN 2 Polewali)

2.    Aktivitas Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan dengan pembagian 4 kelas, setiap kelas terdiri atas 2 -3 kelompok. Kelas A terdiri atas 3 kelompok dengan Pengajar Praktik: 1) Halimah, 2) Muhammad Ilham, 3) Muhammad Yusuf. Setiap pengajar praktik berperan sesuai dengan panduan Lokakarya 1.

Aktivitas pembelajaran pada Lokakarya 1 terdiri atas 7 sesi.

a.    Sesi 1 Pembukaan, aktivitas yang dilakukan adalah ice beaking dan perkenalan Pengajar Praktik, serta Penyampaian Tujuan dan dan Pembuatan Kesepakatan Kelas.

b.    Sesi 2 Pengembangan diri, aktivitas yang dilakukan adalah CGP mengidentifikasi Pentingnya Pengembangan diri, dengan cara menuliskannya di kertas pos it kemudian menempelkannya di kertas flipchart yang telah disediakan di dinding ruangan.

c.     Sesi 3 Pengenalan Kompetensi Guru Penggerak, aktivitas yang dilakukan berupa Diskusi Kelompok. CGP mendiskusikan dengan kelompok kecilnya (setiap kelompok terdiri atas 3-4 orang) tentang 4 kompetensi Guru Penggerak (Mengembangkan diri dan orang lain, Memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah). Setelah iu, CGP menuliskannya di kertas flipchart yang telah disiapkan.

d.    Sesi 4 Posisi Diri (1), aktivitas yang dilakukan adalah CGP mengidentifikasi diri sesuai dengan kompetensi guru penggerak dengan cara memberi ceklis pada lembar Pengecekan Mandiri Kompetensi Guru Penggerak.

e.    Sesi 5 Posisi Diri (2), aktivitas yang dilakukan CGP  melakukan evaluasi diri dengan bentuk aktivitas berdiskusi secara berpasangan untuk bertukar cerita mengenai kompetensi yang telah dimiliki masing-masing.

f.      Sesi 6 Pembuatan Rencana Pengembangan Diri, dengan aktivitas Pembuatan rencana Pengembangan kompetensi dan Sharing pembuatan Rencana. Pada sesi ini CGP mengisi Lemba Kerja Rencana Pengembangan Kompetensi Diri Guru Penggerak, kemudian mendiskusikannya dalam kelompok masing-masing.

g.    Sesi 7 Penutupan, aktivitas yang dilakukan adalah Pengisian Lembar evaluasi, refleksi hasil belajar dan penugasan, serta Penutupan dan foto bersama.

3.    Produk yang dihasilkan:

a.    Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

CGP menentukan posisi diri berdasarkan daftar ceklist Kompetensi Guru Penggerak, yaitu:

1)    mengembangkan diri dan orang lain:

a)    menunjukkan praktik baik pengemabngan diri yang didasari kesadaran dan kemauan pribadi (self-regulated learning)

b)    mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas murid (facilitating, coaching, mentoring)

c)    berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan sekolah dan komunitas lain untuk pengembangan karis

d)    menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.

2)    Memimpin Pembelajaran:

a)    Memimpin upaya membangun lingkungan belajar yang berpusat pada murid.

b)    Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid.

c)    Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid.

d)    Melibatkan orang tua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.

3)    Memimpin Pengembangan sekolah:

a)    Memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas sekitar sekolah.

b)    Melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah.

4)    Memimpin manajemen sekolah:

a)    Memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid.

b)    Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.

b.    Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak yang telah diceklistnya di bagina identifikasi diri.

c.     Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak

Selanjutnya, CGP Menyusun rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan  untuk mencapai kompetensi guru penggerak dengan menentukan rencana yang akan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tertentu yang dinilainya masih perlu ditingkatkan, menentukan waktu pelaksanaan rencana tersebut, serta menentukan indicator keberhasilan dalam meningkatkan kompetensi tersebut.

4.    Ketercapaian tujuan belajar

Setelah proses Lokakarya 1 erlaksana, Calon Guru Penggerak telah mampu:

a.    memahami pentingnya mengembangkan diri

b.    menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran

c.     mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

d.    menjelaskan rencana pengembangan diri

5.    Kesimpulan dan refleksi pembelajaran

Pelaksanaan Lokakarya 1 berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta terlibat secara aktif, baik saat kerja mandiri maupun saat diskusi kelompok dan presentasi.


I.      Penutup

Demikian laporan Lokakarya 1 ini saya susun sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

 

Polewali, 20 November 2021

Pengajar Praktik,

 

 

Halimah


Lampiran Laporan LK 1 dapat dilihat di

https://drive.google.com/drive/folders/179e_3GnKR5FdLEUozuy91crKqpicOYJL?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar